Portfolio

Panduan Lengkap Install Plugin WordPress

Panduan Lengkap Install Plugin WordPress – Setelah sebelumnya kita membahas cara install wordpress, Cara Install Tema di WordPress, kali ini kita akan membahas Panduan Install Plugin untuk wordpress. Artikel ini sangat penting bagi anda yang baru belajar tentang WordPress.

Perlu kita ketahui bahwa dengan plugin kita dapat menambahkan fitur-fitur wordpress seperti slideshow, galeri, integrasi social media dan lainnya. Ada banyak sekali plugin wordpress yang tersedia baik yang gratis maupun yang berbayar.

Sebelum memulai Install Plugin, perlu Anda ketahui bahwa Panduan Install Plugin WordPress ini hanya dapat dilakukan jika Anda menginstall wordpress Self-hosted dan tidak dapat dilakukan di wordpress.com.

Panduan Lengkap Install Plugin WordPress

Dalam menginstal plugin WordPress, saya akan menjelaskan secara lengkap dengan menggunakan 3 cara. yaitu cara pencarian atau search melalui admin WordPress, mengunggah plugin WordPress dari admin WordPress, dan dengan cara install plugin menggunakan Sorftware FTP Client.

1. Install Melalui Fasilitas Search Plugin WordPress

Cara ini merupakan cara termudah untuk menginstal plugin WordPress, karena Anda hanya dengan menggunakan pencarian Plugin. Cara ini hanya berlaku jika Anda ingin menginstall plugin gratis dari direktori plugins WordPress.

Caranya silahkan login ke admin WordPress Anda dan masuk ke menu Plugins » Add New.

install plugin wordpress

Anda akan melihat halaman seperti pada gambar di atas. Cari plugin dengan mengetikkan nama plugin sesuai kebutuhan Anda. Seperti pada contoh di atas saya ingin mencari plugin all in one SEO , dalam kolom pencarian saya ketikkan All in one SEO.

Setelah itu, akan muncul hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang anda masukkan, bisa satu atau bahkan banyak plugin yang akan muncul.Jika anda bingung memilih nya, maka tipsnya adalah lihat rating nya dan jumlah pengguna plugin tersebut kemudian cek juga update terbaru nya serta cek juga apakah plugin itu compatible dengan versi wordpress yang anda gunakan.

Apabila Anda sudah yakin dengan plugin tersebut selanjutnya klik tombol ‘Install Now‘.

WordPress sekarang akan men-download dan menginstal plugin di situs Anda. Silahkan tunggu beberapa saat sampai Anda melihat melihat pesan sukses dengan link untuk mengaktifkan plugin atau kembali ke Plugin installer.

tambah baru plugin wordpress

Setelah berhasil install plugin wordpress, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu agar dapat digunakan. Jadi klik link “Activate Plugin” untuk mengaktifkan plugin di situs WordPress Anda.

mengaktifkan plugin wordpress

Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi pengaturan plugin. Setiap plugin yang Anda install akan berbeda, ada plugin yang terdapat menu pengaturan dan juga terdapat plugin yang setelah di aktifkan langsung bekerja tanpa perlu di konfigurasi.

2. Install Plugin WordPress Melalui Fasilitas Upload di Admin

Cara kedua yaitu, melalui fasilitas upload di Admin wordpress. Anda harus memilik file plugin yang akan di upload. Bisa dengan cara mendownload plugin terlebih dahulu melalui direktori plugin WordPress atau jika Anda membeli kepada pengembang plugin di tempat lainnya.

Karena banyak developer plugin dan plugin berbayar tidak mendaftarkan pluginnya pada direktori plugin WordPress, maka WordPress memiliki metode Upload untuk menginstal plugin tersebut.

Saya akan menunjukkan cara untuk menginstal plugin WordPress menggunakan pilihan upload di admin area.

Pertama, Anda perlu men-download plugin dari sumber (file tersebut dalam format zip). Selanjutnya, Anda silahkan masuk ke WordPress admin area dan masuk ke menu Plugins »Add New

tambah upload plugin wordpress

Setelah itu, klik tombol Upload Plugin di atas halaman daftar plugin di dashboard WordPRess Anda.

Ini akan membawa Anda ke halaman Plugin upload. Di sini Anda perlu untuk mengklik tombol Browse dan pilih file plugin yang sudah Anda download ke komputer Anda.

browse file plugin wordpress

Setelah Anda memilih file plugin tersebut, Anda perlu untuk mengklik pada tombol “Install Now“. Dan tunggu beberapa saat sampai selesai proses instalasi plugin. WordPress sekarang akan meng-upload file plugin dari komputer Anda dan menginstalnya untuk Anda. Anda akan melihat pesan sukses seperti ini setelah instalasi selesai.

mengaktifkan plugin yang sudah terinstall

3. Install Plugin WordPress menggunakan Software FTP 

Untuk cara ketiga ini memang sedikit lebih rumit daripada kedua cara di atas, cara ini bisa Anda gunakan jika penyedia layanan hosting WordPress Anda mungkin memiliki batasan tertentu untuk upload file via wordpress admin.

Jika Anda dalam situasi ini, Anda dapat menginstal plugin secara manual menggunakan Software FTP seperti filezilla, winscp dan lainnya.

Pertama Anda perlu men-download file dari sumber plugin (file dalam format zip). Selanjutnya, Anda perlu untuk mengekstrak file zip tersebut di komputer Anda.

Ekstrak plugin file zip akan membuat folder baru dengan nama yang sama dengan plugin tersebut. Ini adalah folder yang Anda butuhkan untuk secara manual meng-upload ke situs web Anda menggunakan FTP Client.

Untuk menguploadnya Anda harus mengakses host Anda melalui FTP client. Anda bisa mendapatkannya pada penyedia jasa hosting dan minta untuk membuatkan username dan password FTP.

Buka FTP client pada komputer Anda dan menghubungkan ke situs web Anda menggunakan login yang disediakan oleh web hosting Anda. Setelah terhubung, Anda perlu untuk mengakses direktori atau folder /wp-content/plugins/

Berikutnya, upload folder yang sudah diekstrak dari file zip tadi ke folder /wp-content/plugins/ ke server web hosting Anda. Anda bisa melakukan klik kanan pada folder plugin dan pilih “Upload” atau bisa Anda seret dan letakkan pada jendela sebelah kanan.

upload file lewat software ftp client

Setelah upload file selesai, Anda harus masuk ke area admin WordPress dan klik pada link Plugins di menu admin. Anda akan melihat plugin Anda berhasil di instal pada halaman daftar plugin. Dan Anda perlu untuk mengaktifkan plugin tersebut dengan klik link “Activate Plugin“.

mengaktifkan plugin

Diatas adalah Panduan lengkap menginstall plugin WordPress dengan berbagai cara. Saya harap ini membantu Anda belajar cara menginstal plugin WordPress.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *