Wordpress

Install WordPress di Localhost Windows Dengan Xampp

Install WordPress di Localhost Windows Dengan Xampp – Seperti yang sudah di bahas pada artikel sebelumnya, Cara membuat blog wordpress gratis mudah.  Kita memang mendapatkan hosting dan subdomain gratis, namun memiliki keterbatasan dalam mempelajari wordpress lebih mendalam. Baik penggunaan tema, plugin maupun optimasi halaman website untuk SEO.

Untuk itu kita dapat melakukan instalasi WordPress di hosting pilihan sendiri atau dikenal dengan nama WordPress Self Hosted, sehingga kita dapat mempelajari WordPress secara penuh. Namun, hal tersebut membutuhkan dana untuk menyewa hosting dan domain.

Baca Juga : Layanan Hosting Murah Terbaik di Indonesia

Jika belum memiliki dana untuk hal tersebut, ada solusi untuk melakukan instalasi WordPress di lokal server atau localhost komputer kita sendiri.

Cara Install WordPress di Localhost

Untuk instalasi wordpress di localhost, kita membutuhkan 2 software yang wajib diinstall di komputer kita. Aplikasi web server termasuk database server dan wordpress itu sendiri.

Dalam artikel ini saya menggunakan XAMPP, karena di aplikasi itu sudah terdapat web server (apache) dan MYSQL server. Dan kedua aplikasi tersebut dapat di unduh secara gratis.

1. Install Web Server dan MySQL Server

Untuk Anda yang akan membuat website namun belum memiliki domain dan hosting sendiri,  masih ada alternatif lain yaitu dengan membuat server di lokal komputer (localhost). Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan adalah XAMPP.

XAMPP berguna untuk menjalankan script PHP pada localhost atau komputer tanpa harus ada koneksi internet. Langkah ini juga sering digunakan bagi para web developer untuk membuat website di lokal komputer , setelah websitenya selesai selanjutnya mereka mengupload hasil  ke server hosting (online).

Berikut ini adalah tutorial cara install Xampp di Windows :Download aplikasi XAMPP terbaru , klik disini. Dobel klik file XAMPP yang baru saja Anda download, selanjutnya terkadang pada proses ini muncul pesan error. Jika ada, abaikan saja dan lanjutkan dengan klik “OK”.

persiapan install xammp

 

Selanjutnya akan muncul jendela selamat datang , klik Next untuk melanjutkan instalasi

install wordpress di localhost - install xammp

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih aplikasi yang mau diinstal. Centang saja semua pilihan dan klik tombol Next”.

install wordpress di localhost - install xammp

Kemudian kalian akan diminta untuk menentukan lokasi folder penyimpanan file-file dan folder XAMPP. Secara default akan diarahkan ke lokasi c:\xampp.

Namun jika Anda ingin menyimpannya di folder lain bisa klik “browse” dan tentukan secara manual folder yang ingin digunakan.  Jika sudah selesai, lanjutkan dan klik tombol “Next”.
+
install wordpress di localhost - install xammp

Setelah itu akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini, kemudian klik Next

install wordpress di localhost - install xammp

install wordpress di localhost - install xammp

Tunggu sampai proses instalasi selesai seperti gambar berikut ini

install wordpress di localhost - install xammp

Proses instalasi sudah berhasil untuk mengaktifkan server, kalian klik Control Panelnya seperti gambar di bawah. Silakan aktifkan module Apache dan MySQL hingga muncul tombol Stop pada module Apache dan MySQL itu artinya apache dan MYSQL server sudah aktif

install wordpress di localhost - install xammp

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk mengetahui server kalian sudah aktif atau belum, silakan buka browser dan jalankan http://localhost/.Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, maka instalasi telah berhasil

install wordpress di localhost - install xammp

Aplikasi XAMPP berhasil diinstall. Sekarang komputer kita sudah berfungsi seperti server dan bisa menjalankan aplikasi-aplikasi berbasis web. Demikian panduan Install XAMPP di Windows. Dengan menginstall XAMPP , seakan memiliki server di komputer kita dapat kita gunakan untuk mencoba website sebelum kita upload ke hosting server yang berbayar.

2. Membuat Database 
Langkah kedua adalah membuat database untuk WordPress kita. Silahkan buka browser web Anda dan ketik URL http://localhost/phpmyadmin.

install wordpress di localhost - create database phpmyadmin
Klik menu “Database” yang berada pada bagian atas, dan ketikan nama database Anda pada kolom yang tersedia sesuai dengan keinginan Anda, pada contoh ini saya mengetikkan “wordpress” untuk nama database saya dan klik tombol “Create”.

3. Install WordPress
Untuk langkah selanjutnya adalah instalasi WordPress. Untuk mendapatkan aplikasi wordpress terbaru silahkan mengunduh pada situs resmi WordPress.org. Setelah selesai mengunduh WordPress silahkan ekstrak file WordPress dalam bentuk zip tersebut dan copy folder ke dalam folder C:/xampp/htdocs/ (disesuaikan dengan folder tempat anda menaruh xampp).

Sekarang Anda perlu membuka web browser Anda dan ketik URL berikut di address bar http://localhost/wordpress (URL setelah http://localhost/ adalah harus sesuai dengan nama folder file situs Anda di dalam htdoc). Setelah Anda ketikkan URL tersebut silahkan enter dan Anda akan melihat tampilan awal proses instalasi WordPress dengan pemilihan bahasa.

WordPress tersedia dalam banyak bahasa. Anda dapat memilih bahasa sesuai keinginan Anda. Disini saya memilih bahasa English (United States) dan klik “Continue”.

install wordpress di localhost - setup language

Selanjutnya akan terbuka halaman yang menginformasikan bahwa Anda membutuhkan beberapa informasi seperti nama database, username, password dan nama host pada halaman berikutnya. Ini diperlukan untuk menghubungkan database untuk instalasi WordPress Anda. Dan klik tombol “Let’s Go”

install wordpress di localhost - get started

Sekarang Anda harus memasukkan rincian database berikut di halaman ini:

  • Database Name dengan wordpress. Jika Anda memberikan nama berbeda dengan contoh ini, Anda bisa memasukkan nama database sesuai dengan yang Anda buat di langkah ke-2 tadi.
  • Username – root. Username default adalah root kecuali Anda telah mengubahnya.
  • Password – kosongkan.
  • Database Host – localhost
  • Table Prefix – wp_

Setelah Anda memasukkan rincian diatas, silakan klik “Submit” .

install wordpress di localhost - setup database

Sekarang klik pada tombol “Run the install” dan menunggu WordPress untuk berkomunikasi dengan database selama beberapa saat. Dan ingat jika informasi yang diberikan di halaman rincian database tidak benar, Anda akan mendapatkan beberapa kesalahan.

install wordpress di localhost - setup wordpress

Jika proses berhasil, maka WordPress sekarang akan terhubung ke database Anda dan akan memunculkan halaman yang akan meminta Anda untuk memasukkan rincian blog seperti nama situs, username, password dan email. Pastikan Anda ingat username dan password Anda karena Anda akan membutuhkan mereka untuk masuk ke bagian WordPress admin atau Dashboard.

install wordpress di localhost - selamat datang

Setelah Anda selesai, klik “Install WordPress”. Setelah muncul halaman yang mengatakan “Success”, sekarang Anda bisa login untuk mengakses bagian Dashboard. Masukkan username dan password Anda dan klik Login. Ini akan membawa Anda ke Dashboard WordPress.

install wordpress di localhost - form login

Dan berikut ini adalah tampilan area admin atau Dashboard WordPress.

install wordpress di localhost- dashboard

Dan sekarang Anda telah berhasil install WordPress di localhost atau di komputer lokal Anda. Demikian uraian cara install wordpress di localhost komputer anda, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

NB : Ketika anda sudah berhasil membuat website di localhost dan nantinya ingin mengunggah website ke domain dan hosting secara online ada baiknya anda perlu memperhatikan Tips Memilih Web Hosting. Banyak pilihan provider Layanan Web Hosting di Indonesia yang berkualitas dan dengan harga yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *