Wordpress

Cara Install Theme Atau Tema Baru Di WordPress

WordPress merupakan platform CMS (Content Management System) yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Banyak theme atau tema gratis maupun berbayar yang bisa Anda temukan di internet.  Dengan banyaknya tema WordPress menjadikan Anda sebagai pengguna WordPress memiliki banyak pilihan desain sesuai kebutuhan website anda.

Saya asumsikan bahwa anda sudah berhasil install WordPress baik itu di lokal server maupun di server hosting. Jika anda belum memiliki wordpress, anda bisa install di lokal server anda. Silakan baca artikel Install WordPress di Localhost(lokal server)

Pada artikel ini saya kan membahas mengenai cara install theme WordPress. Ini adalah panduan untuk pemula yang baru belajar WordPress dan belum tahu bagaimana menginstall tema WordPress. Dalam artikel ini akan diuraikan cara melakukan instalasi theme di WordPress dengan 3 cara yang berbeda. Nantinya anda bisa memilih cara yang paling mudah dan cepat menurut anda.

Namun, sebelum mengganti theme atau tema WordPress, saya anjurkan untuk melakukan backup database atau pun kode tertentu yang sudah di tambahkan di tema sebelumnya, seperti kode google analytics atau lainnya.

1. Install Themes WordPress Dengan Fitur Pencarian

Untuk cara pertama dengan menggunakan fitur pencarian di library resmi WordPress.org. Ini merupakan cara termudah dan tercepat untuk Anda lakukan, dengan syarat anda terkoneksi dengan internet. Untuk menginstall dengan fitur pencarian ini hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke admin area WordPress Anda. Selanjutnya, klik pada menu Appearance »Themes.

Setelah Anda berada pada halaman Themes, klik pada tombol “Add New” di bagian atas.

Setelah klik “Add New” Anda lakukan, maka Anda akan melihat halaman dengan banyak sekali tema WordPress ditampilkan. Dan pada bagian atas terdapat menu-menu pilihan tema berdasarkan “Featured”, “Popular”, “Latest”, “Favorites” maupun Anda bisa melakukan penyaringan tema dengan berbagai pilihan.

Di bagian pojok kanan atas terdapat kolom pencarian yang dapat Anda gunakan untuk mencari tema sesuai dengan nama tema yang ingin Anda install. Misalnya saya ingin mencari tema tentang “news”, akan muncul banyak pilihan tema yang mengandung kata “news”. Untuk menginstallnya , anda klik gambar / thumbnailnya kemudian tekan tombol “Install”. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Agar tema atau theme yang anda install tadi itu dapat di gunakan, lanjutkan dengan klik tombol “Activate”.

2. Install Themes WordPress Dengan Metode Upload

Seperti yang saya jelaskan di metode pertama bahwa metode pencarian hanya bisa dilakukan jika Install tema WordPress yang mau di install sudah terdapat pada direktori WordPress.org, tapi jika ingin menginstall tema WordPress dari penyedia tema WordPress premium seperti Creative Market , OKE Themes , ID Theme atau pengembang tema WordPress lainnya, Anda perlu menggunakan metode yang kedua ini yaitu upload dari Admin WordPress.

Pertama kali silahkan untuk men-download file .zip dari penyedia tema premium atau tema dari penyedia tema WordPress.

Silahkan login ke daerah admin WordPress Anda dan klik Appearance »Themes.

Setelah Anda berada pada halaman Themes, klik pada tombol Add New di bagian atas atau klik “Add New” themes.

Pada halaman berikutnya, klik pada tombol “Upload Themes” yang terdapat pada bagian atas.

Anda akan diminta untuk memilih file zip yang Anda download tadi. Pilih file yang berada pada komputer Anda dan klik Install Now.

Setelah tema Anda terinstal, Anda akan melihat pesan sukses bersama dengan link untuk mengaktifkan dan preview theme.

Klik tombol “Activated”, dan Anda telah berhasil menginstal dan mengaktifkan tema WordPress Anda. Tergantung pada tema, mungkin menambahkan tambahan opsi pengaturan yang mungkin Anda perlu mengkonfigurasi baik melalui penyesuai tema atau melalui panel pilihan yang terpisah.

Catatan: Fungsi tema upload hanya tersedia untuk pengguna WordPress self-host. Jika Anda menggunakan WordPress.com, maka Anda tidak akan melihat opsi ini karena fitur upload dibatasi pada pengguna WordPress.com.

3. Install Tema WordPress Menggunakan FTP

Metode Install tema WordPress yang ketiga ini adalah metode yang sedikit lebih rumit daripada 2 cara di atas dan cara ini pada dasarnya bukan untuk pemula. Tapi dengan mencoba cara ini Anda akan meningkatkan pengalaman dan pengetahuan Anda dalam mengelola Website Anda. Cara ketiga ini adalah menginstal tema WordPress menggunakan FTP.

Untuk memulainnya Anda harus menginstall software FTP pada komputer Anda, Anda bisa menggunakan Filezilla , WinSCP atau software lainnya. Setelah Anda menginstall software FTP Anda perlu masuk dengan menggunakan akun FTP yang sudah Anda dapatkan dari penyedia layanan hosting Anda.

 

Setelah berhasil terhubung dengan file WordPress di server hosting Anda. Silahkan masuk ke folder “Themes” yang berada pada (/wp-content/themes/). Setelah Anda berada di sana, cukup meng-upload folder theme Anda di sana.

Ingat Anda harus unzip folder sebelum Anda meng-upload tema menggunakan FTP. Setelah Anda selesai meng-upload tema WordPress Anda, silahkan untuk masuk kembali ke area admin WordPress Anda dan klik menu Appearance »Themes.

Anda akan melihat tema baru Anda terlihat dalam daftar. Silahkan untuk klik menu “Activate” untuk mengaktifkan tema WordPress Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *