Software

5 Aplikasi Video Conference Populer Saat Pandemi Corona

5 Aplikasi Video Conference Populer Saat Pandemi Corona – Saat ini dunia sedang dilanda pandemi covid-19, termasuk juga negara kita Indonesia. Pemerintah memberlakukan kebijakan WFH ( Work From Home ), yang artinya kita tidak bertemu langsung dengan teman atau kerabat kerja secara langsung. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan adanya teknologi aplikasi Video Conference yang di kembangkan oleh beberapa perusahaan software dunia.

Berikut Aplikasi Video Conference yang Populer saat ini :

1. Zoom Meeting

 zoom meeting - video conference
Sumber foto : blog.zoom.us

Zoom bukan hanya dapat digunakan untuk video conference saja, tetapi juga audio conferencelive chat, merekam jalannya meeting, dan webinars. Layanan tersebut sangat bermanfaat dan membantu untuk mengatasi permasalahan tentang anjuran kerja dari rumah.

Layanan Zoom sendiri terdiri dari beberapa tingkatan dengan harga yang berbeda-beda. Pertama, ada Zoom Free yang gratis namun dengan batas waktu 40 menit per pertemuan.

Kedua, Zoom Pro yang dibanderol dengan harga USD 14,99 per bulan per meeting host yang cocok untuk tim kecil.

Ketiga, ada Zoom Business dengan harga USD 19,99 per bulan per meeting host yang menawarkan fitur branding perusahaan, dukungan layanan spesial, dan transkrip meeting. Keempat, Zoom Enterprise yang juga dibanderol dengan harga USD 19,99 per bulan per host.

2. Google Meet

google meet
Sumber foto : fourcast.io

Google Meet memiliki user interface yang baik dan sederhana, sehingga mudah dipahami oleh semua orang. Selain video conference , Google Meet juga memiliki fasilitas berkirim pesan. Google Meet juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu adanya enkripsi end-to-end untuk memastikan keamanan komunikasi Anda.

Selain itu, Google Meet juga bisa digunakan pada perangkat komputer atau pun smartphone yang memberikan kemudahan untuk berkoordinasi dengan rekan tidak memiliki perangkat komputer atau laptop.

3. Microsoft Teams

microsoft teams
Sumber foto : medium.com

Microsoft Teams memadukan video conference dengan pesan instan, telepon biasa, dan kolaborasi dokumen ke dalam satu aplikasi saja.

Aplikasi Teams telah terkoneksi dengan layanan Microsoft Office 365 sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan kolaboratif tanpa perlu bertemu langsung.

4. Whatsapp

whatsapp - video conference
Sumber foto : whatsapp.com

WhatsApp menyediakan fasilitas video conference dengan tim tanpa perlu mengunduh aplikasi khusus yang dibanderol dengan harga tertentu.

Dengan WhatsApp, pengguna memungkinkan untuk berkomunikasi dengan mereka yang sulit akses komputernya, sehingga dengan smartphone saja sudah cukup.

Sayangnya, WhatsApp tidak bisa digunakan untuk video call dengan menggunakan komputer, jadi Anda tetap membutuhkan smartphone untuk bisa melakukan video conference bersama rekan satu tim.

5. CISCO Webex

cisco webex - video conference
Sumber foto : webex.com

Aplikasi Cisco WebEx sangat cocok untuk digunakan oleh bisnis berskala besar dengan jumlah karyawan yang sangat banyak. Cisco WebEx sering dianggap sebagai salah satu penyedia layanan video conference terbaik karena mampu menyajikan kualitas gambar dan suara yang baik selama video conference.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *